TEHNIK PEMANENAN JAGUNG




Hampir semua masyarakat Indonesia pasti mengenal jagung.Jagung sendiri merupakan tumbuhan dari jenis zea yang bisa diolah menjadi berbagai macam bahan makanan.Jagung bisa dijadikan bahan makanan pokok pengganti nasi. Bisa juga diolah menjadi berbagai macam bahan makanan lain seperti tepung maizena, popcorn, jagung bakar, jagung rebus, jagung manis, sayur, minyak jagung, gula jagung, pakan ternak dan berbagai macam olahan makanan lainnya. Selain itu bagian dari tanaman jagung juga masih bermanfaat seperti daunnya untuk makan ternak dan janggelnya untuk bahan bakar tradisional.

Banyaknya manfaat dari jagung dikarenakan kandungannya yang beragam, diketahui bahwa jagung mengandung karbohidrat, protein, Vitamin C, vitamin A, vitamin B6, lemak dan berbagai mineral lainnya. Banyaknya olahan jagung menjadikan permintaan pasar akan jagung sangatlah tinggi. Hal inilah yang menjadikan jagung masih dijadikan salah satu komoditas pertanian utama di dunia selain beras dan gandum.Karena itulah sampai sekarang banyak petani di Indonesia yang berupaya untuk membudidayakan jagung.

Panen jagung tentunya dibedakan dari tujuan jualnya, bagi jagung yang ingin dijadikan jagung rebus maka tidak akan dipanen hingga usia jagung tua. Jagung rebus yang baik diambil pada saat jagung berusia sekitar 65 hari, nah untuk jagung yang ingin dijual kering maka tentunya harus ditunggu hingga tua


Share :