Ngobrol Malam Solusi untuk Petani




Ngobrol malam atau yang sering disebut dengan ngolam adalah satu kegiatan inovatif yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPTPH) untuk masyarakat terkhusus masyarakat petani Lampung Tengah. Kegiatan Ngolam ini muncul oleh seorang kepala Dinas bernama bapak Jumali S.P., M.IP. Ide ini tercetus berawal dari sulitnya mengumpulkan para petani di jam-jam produktif karena para petani sedang sibuk bekerja di ladang/sawah. Karena hal itulah muncullah ide mengapa tidak mengumpulkan  para petani di waktu mereka luang yaitu malam hari dimana para petani biasanya beristirahat atau sedang ngobrol-ngobrol bersama keluarga dan tetangga. Dengan tekad dan semangat yang tinggi maka DKPTPH merealisasikan ide ini menjadi kegiatan yang bermanfaat.  

Kegiatan yang dilakukan pada setiap malam kamis ini sangat membantu para petani dan Pegawai dinas DKPTPH. Melalui kegiatan Ngolam ini para petani dapat mendapatkan informasi-informasi penting tentang Pertanian, kebijakan pertanian ataupun bantuan-bantuan di bidang pertanian. Para petani juga dapat menyampaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan agar dapat langsung mendapatkan solusi dari para pemangku jabatan.

Kegiatan Ngolam ini mengorbankan waktu dan fikiran para pegawai DKPTPH sehingga terkadang ada pegawai yang kelelahan. Namun dengan antusiasme yang baik dari masyarakat petani membuat rasa lelah terbayar. Canda tawa para petani juga membuat suasana menjadi cair dan menyenangkan. Sehingga rasa lelah pun terkadang tidak terasa.

Melalui kegiatan ini diharapkan para petani dapat menyelesaikan segala permasalahan di lapangan sehingga mampu meningatkan kuantitas dan kualitas pertaniannya yang berujung pada tercapainya Ketahanan Pangan di Lampung Tengah


Share :