Panen padi Musim Tanam Gadu 2020




Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Tengah yang diwakili oleh Kepala UPTD Kecamatan Sendang Agung Bapak Otem bersama dengan kelompok tani di Kampung Sendang Asri Kecamatan Sendang Agung melaksanakan Panen padi Musim Tanam Gadu 2020 pada hari Rabu, 09 September 2020.

Panen padi Musim Tanam Gadu 2020 di berbagai wilayah di Kabupaten Lampung Tengah.  Padi Gadu merupakan padi yang ditanam di musim Gadu/Kemarau yaitu periode Bulan April-September.  Padi yang ditanam di musim tanam gadu ini biasanya mengalami kekurangan air sehingga berpengaruh pada pertumbuhan tanaman.  

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Pertanian melalui Dinas Pertanian Tanamam Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampug Tengah menggalakkan Gerakan Percepatan Tanam Padi mulai awal musim tanam gadu 2020 lalu.  Salah satu solusi percepatan tanam yang dilakukan petani adalah dengan teknologi semai kering.  Gerakan Percepatan Tanam ini dimaksudkan untuk meningkatkan Luas Tambah Tanam (LTT) dan Produksi Padi sehingga persediaan pangan nasional dapat terjaga meskipun dimasa Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir.

Berdasarkan monitoring dan pantauan penyuluh pertanian di Wilayah Binaan masing-masing. Beberapa wilayah yang mulai panen adalah kampung Bangun Rejo kecamatan gunung sugih, purworejo kecamatan kotagajah, kampung sendang asri kecamatan sendang agung dan juga kecamatan pubian


Share :