Antisipasi meluasnya serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Wereng Batang Coklat (WBC), Dinas Pertanian TPH Kabupaten Lampung Tengah giat lakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Gerakan Pengendalian (Gerdal).

Gerdal WBC dilakukan untuk menekan meluasnya serangan hama ini, serangan hama ini dipicu karena varietas yang ditanam merupakan varietas yang rentan dan penggunaan jenis pestisida yang tidak direkomendasikan untuk pengendalian WBC papar petugas POPT saat menyampaikan arahan kepada para petani sebelum melakukan Gerdal di Kecamatan Bumi Ratu Nuban Senin, 07 September 2020.

Kami mengharapkan setelah pelaksanaan Gerdal dilakukan evaluasi. “Kami harap dilakukan evaluasi setelah pelaksanaan aplikasi pestisida 3 hari kedepan".

Untuk musim selanjutnya diharapkan agar petani menerapkan budidaya tanaman sehat dengan pendampingan petugas dilapangan.

Dalam aplikasi pestisida harus mengacu 6T, yaitu tepat sasaran, tepat jenis, tepat mutu, tepat dosis dan konsentrasi, tepat waktu aplikasi dan tepat cara.

“Jenis pestisida yang direkomendasikan untuk pengendalian WBC salah satunya yang berbahan aktif buprofezin”.


Share :