SL IPDMIP (Sekolah Lapang Integrated Participatory Development Management Of Irrigation Project)




Petugas Kabupaten Pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lampung Tengah Bidang Penyuluhan Bapak Hari Santosa, S.P bersama penyuluh pada WKPP Kecamatan Padang Ratu melaksanakan SL IPDMIP (Sekolah Lapang Integrated Participatory Development Management Of Irrigation Project) pada hari Selasa Tanggal 23 Juni 2020 di Kelompok Tani Karya Tani 2 Desa Karang Tanjung Kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah

 

Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten. Upaya ini diharapkan dapat mendukung tercapainya swasembada beras sesuai program Nawacita Pemerintah Indonesia.

 

IPDMIP dirancang untuk mengatasi berbagai kendala dan meningkatkan produktivitas pertanian, serta mengurangi kemiskinan di pedesaan, mempromosikan kesetaraan gender dan meningkatkan gizi. IPDMIP meningkatkan nilai pertanian irigasi berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan dan sumber penghidupan di perdesaan. Proyek ini mengadopsi pendekatan penetapan sasaran yang inklusif di daerah irigasi sehingga menguntungkan semua petani yang aktif. Namun demikian, IPDMIP menggunakan strategi penetapan sasaran yang mempertimbangkan tingkat kemiskinan yang ada untuk menjangkau rumah tangga yang paling termarginalkan (misalnya miskin, perempuan, pemuda petani di daerah hilir, daerah-daerah dengan irigasi yang kurang memadai).

 

  • Pengairan yang baik untuk tanaman padi adalah pengairan diatas tanah ada 3 sistem pengairan padi di sawah antaranya:
  1. Terus menerus
  2. Rotasi
  3. Berselang
  • Dari ketiga pengairan diatas untuk pengairan tanaman sawah adalah pengairan padi dengan sistem berselang (intermittent irrigation) adapun pengertian dari pengairan berselang adalah pengaturan kondisi air pada lahan pertanian
  • Pengairan berselang padi sawah di lakukan pada lahan sawah yang lahan selalu di genangi air sedangkan untuk lahan yang kesulitan memperoleh air atau kekurangan air tidak perlu di lakukan. Kegiatan pengairan berselang padi sawah di lakukan sejak awal tanam sampai tanaman padi memasuki masa bunting. Pengairan mulai awal tanam sampai umur 10 Hst dengan ketinggian air 2-5 Cm, kemudian di biarkan mengering sendiri 4-5 hari kemudian di lakukan pengairan kembali. Setelah memasuki tanaman padi masa berbunga pengairan terus di lakukan sampai 10 hari menjelang panen dengan ketinggian air 5-10 cm.


Share :